Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Edit
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Dapat Melakukan Panggilan

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling populer di dunia. Selain dapat mengirim pesan teks, WhatsApp juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video call.

Namun, terkadang ada beberapa pengguna yang mengalami masalah saat melakukan panggilan WhatsApp, seperti muncul notifikasi :

Tidak dapat melakukan panggilan. Pastikan perangkat Anda terhubung ke Internet lalu coba lagi.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Jika kalian mengalami masalah tersebut, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

1. Cek Pemasangan SIM Card

Pertama-tama, kalian perlu memeriksa apakah SIM card sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika SIM card tidak terpasang dengan benar, maka ponsel tidak akan memiliki akses ke internet dan WhatsApp juga tidak akan dapat terhubung ke internet.

Kalian dapat memeriksanya dengan melihat info di notifikasi atau di pengaturan yang menunjukan nama operator. Kalian juga bisa memeriksanya langsung dengan cara membuka slot SIM card di ponsel. Jika SIM card tidak terpasang dengan benar, coba lepas dan pasang kembali dengan benar.

2. Cek Status Masa Aktif No SIM card

Selain memeriksa pemasangan SIM card, kalian juga perlu memeriksa status no SIM card. Pastikan no SIM card masih aktif dan memiliki kuota internet yang cukup. Kalian dapat memeriksa status no SIM card dengan menghubungi operator seluler.

Indosat: *123# atau di MyIm3

Tri: *123# atau di Bima+

Telkomsel: *888# atau di MyTelkomsel

XL: *808# atau di MyXL

Axis : *808# atau di AxisNet

Jika no SIM Card kalian dalam masa tenggang, coba isi pulsa atau beli masa aktif kartu. Jika no SIM Card kalian sudah tidak aktif, coba datang ke kantor CS seluler sesuai operator. Tanyakan apakah no SIM Card masih busa di perpanjjang atau tidak, tapi kemungkinan besar no SIM Card sudah hangus.

Jika SIM card sudah terpasang dengan benar, masih aktif dan memiliki kuota internet yang cukup, tetapi Whatsapp masih tidak bisa terhubung. Maka, kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh faktor lain.

3. Cek Pengaturan APN

APN atau Nama titik akses merupakan pengaturan yang digunakan oleh ponsel untuk terhubung ke jaringan internet. Pastikan pengaturan APN sudah benar. Kalian dapat memeriksa pengaturan APN dengan membuka menu "Pengaturan" > "Jaringan & internet" > "Data seluler" > "Nama titik akses".

Jika tidak yakin bagaimana cara memeriksa pengaturan APN, Kalian dapat mencari informasinya di situs web operator seluler kalian.

4. Cek Data Internet

Pastikan data internet sudah dinyalakan. Kalian dapat memeriksa apakah data internet sudah dinyalakan dengan membuka menu "Pengaturan" > "Jaringan & internet" > "Data seluler".

Jika data internet belum dinyalakan, maka kalian dapat menyalakannya dengan mengetuk tombol "Aktifkan data seluler".

5. Cek izin aplikasi WhatsApp

Pastikan aplikasi WhatsApp diizinkan mengakses data internet. Kalian dapat memeriksa izin aplikasi WhatsApp dengan membuka menu "Pengaturan" > "Aplikasi" > "WhatsApp" > "Izin".

Pastikan opsi "Data seluler" sudah diaktifkan.

Kesimpulan

Masalah utama yang menyebabkan WhatsApp tidak dapat melakukan panggilan adalah jaringan internet ponsel. Jika kalian telah memastikan bahwa semua cara di atas sudah dilakukan, maka kemungkinan masalah tersebut disebabkan oleh jaringan internet operator yang sedang gangguan atau kalian bisa tanyakan langsung ke operator seluler untuk memastikannya.

Komentar

URL Copied!