Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Instal dan Update Android

Edit
Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update dan Instal Android

Sedang update browser chrome di play store, tapi ketika browser chrome sudah di unduh dan sedang proses penginstalan malahan mental tidak mau menginstal. Masalah ini sering terjadi di beberapa ponsel.

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa instal chrome android ?

Ada beberapa faktor kenapa chrome dinplay store tidak bisa di update dan instal, simak penyebab dan cara mengatasinya di bawah.

1. Update WebView Sistem Android Terlebih Dahulu

Coba kalian cek WebView Sistem Android sudah di update ke versi terbaru atau belum. Kalau belum, coba update WebView Sistem Android terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update dan Instal Android

Caranya kalian masuk ke play store > tab ikon profil > masuk ke Kelola aplikasi & perangkat > cek dan buka aplikasi update tertunda > update aplikasi WebView Sistem Android terlebih dahulu. Setelah terupdate, kalian bisa coba untuk mengupdate browser chrome.

Ada masalah baru,  aplikasi WebView Sistem Android juga tidak bisa di update ? kalian bisa ikuti cara selanjutnya.

2. Ponsel Tidak di Setifikasi di Play Store Karena Masalah SafetyNet Faill

Cara negcek ponsel tidak di sertifikasi, kalian buka saja play store > tab gambar profil akun > masuk ke setelan > Tentang, maka akan terlihat di bagian paling bawah.

Penyebab ponsel tidak di setifikasi yaitu karena masalah SafetyNet faill. Kenapa SafetyNe faill ? yang pertama ponsel kalian sudah di unlock bootloader, rom android kalian tidak suport SafetyNet passed by default atau ponsel sudah di root. Sehingga menyebabkan SafetyNet Faill yang membuat ponsel tidak di sertifikasi play store.

Sebelumnya, kalian bisa cek status safetynet melalui aplikasi safetynet checker di play store atau bisa menggunakan magisk jika sudah di root.

Terus bagaimana cara mengatasi safetynet faill ?

Cari rom yang suport SafetyNet passed by default atau bisa juga menggunakan magisk modul. Kalian bisa gunakan module SafetyNet Fix yang sesuai dengan model ponsel atau kalian baca di Cara Mengatasi SafetyNet Magisk Merah. Setelah SafetyNet sudah passed, coba untuk instal chrome di play store.

3. Update Google Play Store

Jika aplikasi WebView Sistem Android dan chrome tidak bisa di update juga, padahal SafetyNet sudah passed. Cek dulu apakah play store sudah versi terbaru atau belum.

Cara ceknya, kalian tinggal masuk ke play store > Tab gambar akun profil > Masuk ke setelan > Tentang > Tab satu kali Versi Play Strore > Maka play store akan update ke versi terbaru.

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update dan Instal Android

Setelah play store terupdate ke versi terbaru, coba update WebView Sistem Android lagi, setelah terupdate lanjut update browser chrome.

4. Clear Chache Play Store

Coba untuk clear chache play store, caranya masuk ke setelan, manager aplikasi, cari play store lalu clear chache.

5. Versi Android Ponsel Sudah Tidak Support

Beberapa versi android lama memang sudah tidak bisa update chrome versi terbaru. Solusinya adalah update versi android kalian ke yang terbaru, jika tidak bisa. Belilah ponsel keluaran terbaru.

6. Koneksi Internet Jelek

Kalau versi android kalian sudah yang terbaru, Kemungkinan kecil masalah chrome tidak bisa di update atau instal karena koneksi jaringan kalian jelek, coba pakai wifi atau pindah ke tempat yang banyak sinyalnya.

Beberapa cara mengatasi Chrome tidak bisa di instal dan update. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya.

Komentar

URL Copied!