Cara Mengatasi Download Tertunda Play Store

Edit
Cara Mengatasi Download Tertunda Play Store

Kesel kalo kejadian saat mau unduh aplikasi di play store tapi status unduhannya pending atau tertunda terus. Bingung gimana cara mengatasinya? Kalian bisa coba tips di bawah ini. Kemungkinan bisa mengatasi masalah unduhan yang pending tersebut.

Masalah ini 30% terjadi karena error di aplikasi play store itu sendiri dan sisanya karena ketidak tahuan si pengguna. Supaya masalah ini bisa di selesaikan, tidak ada salahnya untuk di coba. Meskipun cara ini terlalu mainstream.

Sebelum memecahkan masalah ini, kalian juga harus tau apa penyebabnya dulu. Penyebab dan solusi untuk mengatasi unduhan play store pending sudah di rangkum di bawah ini.

1. Unduhan Lebih Dari Satu Aplikasi

Kalian sudah tap unduh pada aplikasi yang mau di instal di play store, tapi statusnya malah pending. Solusinya yaitu cek dulu apakah ada aplikasi lainnya yang sedang di unduh.

Kemungkinan besar aplikasi yang sedang di unduh tersebut, kapasitasnya terlalu besar jadi proses pengunduhan agak lama. Kalian bisa cek di di play store > Garis tiga pojok kiri atas > Aplikasi dan games saya > Terinstal.

Lihat apakah ada aplikasi sedang di unduh selain aplikasi yang sekarang mau di unduh. Kalo ada batalkan unduhan dulu atau tetap menunggu sampai aplikasi tersebut berhasil di instal.

2. Ada Aplikasi Yang Sedang Di Update

Mirip mirip seperti poin pertama, ada aplikasi yang sedang di unduh, mungkin kalian tidak merasa mengunduh aplikasi tersebut. Mungkin unduhan tersebut karena aplikasi minta update otomatis di play store. Kadang aplikasi yang butuh di update, baru akan di update ketika kalian membuka play store dan ketika itu juga kalian tanpa mengecek daftar updatean aplikasi langsung unduh aplikasi lainnya. Maka akan terjadi pending.

Batalkan aplikasi yang sedang di update tersebut atau kalian sabar menunggu sampai unduhan aplikasi yang sedang di update selesai. Kalian bisa cek daftar aplikasi yang sedang di update. Tab Garis tiga pojok kiri atas > Aplikasi dan games saya > Update

3. Play Store Masih Versi Lama dan Sedang di Update di Latar Belakang Ponsel

Kemungkinan masalah unduhan tertunda karena play store masih versi lawas. Kalian bisa cek versi play store dengan tab tab Menu Garis tiga pojok kiri atas lalu masuk ke menu Setting gulir ke bawah tab satu kali menu Versi Play Store

4. Setting Unduhan Melalui Jaringan Apapun

Hal ini sering terjadi di beberapa ponsel, karena penggunanya yang terlalu sering menggunakan koneksi wifi, jadi di pengaturan play store mengunduhan hanya melalui jaringan wifi. Saat mengunduh melalui jaringan seluler maka unduhan akan ter pending sampai ponsel terkonek ke jaringan wifi.

Kalian bisa atur unduhan melalui jaringan apapun di play store. Caranya masuk ke menu dengan tab garis tiga di pojok kiri atas lalu masuk ke setelan, buka tab prefensi download aplikasi. aktifkan prefensi download aplikasi melalui jaringan apapun.

5. Update WebView Sistem Android

Di ponsel lama admin, masalah unduhan pending di play store terjadi karena ada aplikasi WebView Sistem Android yang minta di update.

Update aplikasi WebView Sistem Android stelah selesai kalian bisa coba ulangi lagi unduh aplikasi yang mau di instal di play store.

6. Memori Internal Tidak Mencukupi

Unduhan pending terjadi karena memori internal ponsel sudah penuh. Untuk mengatasinya, kalian uninstal aplikasi yang jarang di pakai. Sehingga memori internal mencukupi untuk mengunduh aplikasi lainnya. Setelah memori internal terasa lega, coba unduh ulang aplikasi yang kalian ingin instal tadi.

7. Bersihkan Chace Layanan Play Store

Kemungkinan ada file chace yang mengganggu play store untuk mengunduh aplikasi. Kalian bisa hapus chace layanan play store dengan cara masuk ke pengaturan ponsel buka menu manager aplikasi dan cari Layanan play store lalu hapus chacenya lalu coba buka play store dan unduh ulang aplikasi yang pending tadi.

8. Periksa Koneksi Internet

Unduhan pending karena koneksi internet kalian terganggu, priksa apakah sinyal di ponsel kalian penu. Atau kemungkinan paket internet di katu kalian sudah habis.

Jika kalian menggunakan koneksi wifi, cek apakah koneksi wifi terkonek dengan data internet atau belum.

9. On/Off Mode Pesawat

Ada gangguan sinyal internet di ponsel kalian, kalian bisa nyalakan dulu mode pesawat lalu matikan lagi beberapa saat. Tunggu sampai terkoneksi internet lagi lalu unduh ulang aplikasi yang pending.

10. Matikan Ulang Ponsel

Jika cara di atas sudah di lakukan dan masih terjadi unduhan pending. Coba cara terahir dengan mematikan ulang ponsel kalian (Rebooting). Setelah ponsel menyala kembali coba buka play store dan unduh kembali aplikasinya.

Dengan cara cara tersebut kemungkinan besar unduhan di play store pending bisa teratasi. Maka jika teratasi, mungkin ada beberapa teman mengalami masalah yang sama, kalian bisa membagikan artikel ini ke dia.

Komentar

URL Copied!