Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

Edit
Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Android

Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor yang terkena dampak pandemi Covid-19. Pemerintah mengambil kebijakan dengan pembelajaran jarak jauh. Sehingga sistem ini membutuhkan Hp sebagai sarana. Namun, banyak orang tua yang mengeluhkan perihal cara mengatasi memori penuh di Hp android.

Sebagai salah satu sistem yang memang wajib dilakukan pada saat ini. Pihak mana pun tidak dapat mengatasinya masalah tersebut secara sempurna. Kendati demikian, masih banyak alternatif solusi yang bisa kita pakai. Nah, di sini penulis akan berbagi tips untuk mengatasi pemberitahuan memori internal habis dengan mudah.

5 tips Mengatasi Memori Penuh di Hp Android

Adapun cara mengatasi memori hp yang penuh adalah:

1. Menghapus cache aplikasi

Para pengguna Hp android seringkali tidak menyadari hal ini. Banyak dari mereka yang merasa hanya memiliki file sedikit tetapi memori internal habis. Sebenarnya memori internal habis bisa disebabkan banyaknya cache yang tersembunyi di Hp android anda. Untuk mengatasi memori penuh di Hp android seperti ini, silakan hapus cache-nya.

Cache sendiri adalah sampah yang secara otomatis tersimpan sebab menggunakan aplikasi. File cache yang berkapasitas tinggi biasanya cukup menyita memori internal pada Hp android. Untuk mengatasi memori ponsel penuh di Hp android karena cache bisa dilakukan dengan masuk ke master aplikasinya lalu pilih cache dan hapus.

2. Gunakan aplikasi pembersih sampah

Cara mengatasi memori penuh di Hp android yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi khusus pembersih sampah. Aplikasi ini memang sudah disetting untuk mengoptimalisasikan smartphone anda. Aplikasi cleaner tersedia di playstore, tinggal diunduh kemudian digunakan. Selain mudah, namun juga simpel.

3. Hapus aplikasi dan foto yang tidak berguna

Untuk mengatasi memori hp yang habis salah satunya yaitu dengan menyortir aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan. Anda bisa menghapusnya untuk mengurangi beban ponsel. Aplikasi ini biasanya berupa game yang menyita banyak ruang penyimpanan. Sehingga kinerja ponsel melambat.

Selain itu Anda juga dapat menyortir foto yang sudah tidak digunakan atau memindahkannya ke laptop atau flashdisk. Jika smartphone anda ada memori eksternalnya, kamu juga bisa memanfaatkan ruang tersebut. Cara ini efektif untuk mengatasi memori penuh di Hp android.

4. Bersihkan memori di file manager

Salah satu penyebab memori penuh di Hp android adalah sampah yang ada di file manager. Banyak pengguna yang acuh terhadap masalah ini. Padahal cukup mengganggu karena menghabiskan kapasitas penyimpanan. Semakin besar sampah yang ada maka semakin membebani kerja ponsel.

Tidak terlalu sulit untuk mengatasinya. Anda bisa membuka smartphone kemudian klik file manager. Ada fitur bersihkan memori. Klik saja secara otomatis kita akan diarahkan untuk menghapus cache atau sampah yang ada dalam ponsel.

5. Reset Hp

Cara yang terakhir untuk mengatasi memori penuh di Hp android adalah me-reset Hp. Namun, cara ini cukup riskan. Jika tidak berhati-hati maka file yang kita simpan akan hilang. Sebelum me-reset sebaiknya back up terlebih dulu data-datanya agar aman.

Bagi pengguna Hp android harus mencoba 5 tips untuk mengatasi memori penuh di Hp android ini. Semoga artikel diatas bermanfaat, khususnya pengguna Hp android.

Komentar

URL Copied!