Gampang Sekali! Ternyata Inilah Tutorial Microsoft Excel Bagi Pemula

Edit
Gampang Sekali! Ternyata Inilah Tutorial Microsoft Excel Bagi Pemula

Di dunia ini semuanya serba online termasuk pekerjaan online. Tentunya pekerjaan macam inilah yang akan membuat kita terasa lebih ringan. Maksudnya ringan ialah kita tak perlu repot dan jauh – jauh untuk melakukan tugas kita. Apalagi jikalau membuat laporan keuangan pasti sangat berat kan.

Saat mengetahui bahwa ada salah satu program aplikasi untuk membuat laporan keuangan maka beribu – ribu orang ingin mempelajarinya. Mereka berebut untuk mengetahui bagaimana caranya karena kebutuhan mereka atas pengetahuan sangatlah tinggi. Maka dari itu sebaiknya kita pelajari bersama ya kawan.

Perhitungan Dasar di Microsoft Excel

Tutorial Microsoft Excel satu ini adalah untuk menghitung angka dan memanipulasi data yang memiliki kata lain; disebut “Fungsi”, fungsi terebut juga dapat dikatakan sebagai “rumus”.

Jika kita ingin menggunakan rumus sebaiknya klik kotak yang trsedia di Ms.Excel lalu ketik “=”. Misalnya, “=5+5” dan selanjutnya tekan enter maka hasilnya akan keluar.

Mengkalkulasi Cepat dengan Autosum

Setelah Kalian mengetahui tata cara perhitungan dasar maka Kalian juga harus tau mengkalkulasi cepat tanpa repot – repot yaitu dengan menggunakan Autosum. Contoh, jika kita ingin menjumlahkan 20 angka di dalam 20 sel dalam 1 kolom atau baris Kalian hanya perlu mengklik Home->Autosum maka semua akan terblok dan hasilya akan di ketahui.

Penjelasan fungsi – fungsi itu adalah, SUM(berfungsi untuk menilai rata – rata), Average (berfungsi utnuk mencari niali rata – rata), Count Numbers (untuk mendapatkan jumlah sel), Max (untuk mencari nilai terbesar), Min (untuk mencari nilai terkecil).

Otomasi Data Sederhana Dalam Sel Microsoft Excel

Tutorial Microsoft Excel yang selanjutnya adalah untuk menambah data secara otomatis. Kalian mesti sulit ya cara menambahkan bserikut adalah caranya.

Pertama, silahkan kalian klik atau ketik angka 1 di sel pertama lalu ketik angka 2 di bawah sel pertama lanjutkan dengan memblok dua angka tersebut terus dipojok kanan bawah ada kotak berwarna hijau terus klik deh sampai bawah maka akan muncul secara otomatis.

Memformat Angka di Microsoft Excel

Fungsi ini digunkan untuk memformat angka yang akan di masukkan ke dalam data dengan jenis yang berbeda.

Contohnya 100% pasti berbeda dengan Rp. 100. Berikut caranya, pertama blok angka yang akan di ubah kamudian pada menu “number” gulir ke bawah yang tulisannya “general” dan pilih format angka yang diinginkan maka hasilnya akan terlihat lebih baik dan rapi.

Membuat Tabel di Microsoft Excel

Tutorial Microsoft Excel selanjutnya adalah cara membuat tabel. Berikut caranya. Pertama, silahkan memblok tabel, lalu akan muncul tombol tambahan di pojok kanan bawah terus klik bagian “tables” dan klik “table”. Setelah melakukan langkah tersebut maka tampilannya akan berubah sesuai kenyataan yang diinginkan.

Dari sekian penjelasan tentang tutorial Microsoft Excel maka dapat disimpulkan bahwa sangatlah mudah untuk memahami setiap langkah – langkahnya asal kita yang menekuninya dengan baik dan cermat.

Komentar

URL Copied!