Tutorial Microsoft Word Pengenalan Menu Bar

Edit

Di era saat ini, hampir seluruh jenis pekerjaan membutuhkan bantuan software microsoft word. Software ini digunakan untuk menyusun laporan, proposal dan lain-lain. Dengan hadirnya software microsoft word akan sangat mempermudah Kalian dalam mengerjakan pekerjaan. Software microsoft word dapat Kalian install di laptop atau computer atau gawai pintar Kalian.

Tampilan microsoft word merupakan setiap tampilan pada word yang digunakan pengguna. Tampilan tersebut digunakan untuk mengakses semua fitur untuk membuat dokumen atau mengedit dokumen. Agar Kalian lebih mudah dalam mempelajari microsoft word, Kalian perlu memahami mengenai fungsi dari setiap tampilan tersebut.

Pada bidang design software, tampilan ini disebut dengan user interface atau dikenal dengan istilah antarmuka microsoft word. Sebagai salah satu pengembang software terpopuler, microsoft selalu mengedepankan user friendly untuk design pada setiap softwarenya.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk mempermudah pengguna software (brainware) mengoperasikan serta mempelajari word. Tentunya hal tersebut harus didukung dengan mempelajari berbagai tutorial microsoft word.

Dengan Kalian mempelajari berbagai tutorial, itu akan mempermudah Kalian. Semakin sering Kalian mempelajainya, semakin cepat pula Kalian mahir dalam microsoft word. Pada microsoft word terdapat beberapa tampilan utama yaitu:

Menu workspace atau lembar kerja

Workspace merupakan bagian yang menampilkan tulisan yang dibuat dan yang akan di cetak. Workspace sering disebut lembar kerja. Di lembar kerja ini, Kalian bisa mengetik pekerjaan Kalian dengan nyaman tanpa takut salah.

Hal ini berbeda jika Kalian mengetik pada mesin ketik . Dimana jika terdapat kesalahan penulisan tidak bisa dihapus dan harus di ulang dari awal.

Menu ribbon

Ribbon merupakan bagian tutorial Microsoft word yang memuat menu-menu utama pada Microsoft Word. Menu ribbon ini berisi tombol-tombol perintah serta fungsinya. Pada menu ribbon terdapat menu file yang merupakan tombol perintah mengenai manajemen file.

Menu home merupakan menu yang berisi tombol perintah dasar pengeditan dokumen. Selain itu terdapat juga menu insert, page layout, references, mailings, review dan view.

Menu Scrool bar

Scroll Bar merupakan salah bagian dari tampilan Microsoft Word. Fungsi scroll bar adalah untuk menggeser halaman. Terdapat 2 jenis Scroll Bar pada Microsoft word.

Yang pertama scroll bar vertical yang berfungsi menggeser dokumen ke atas dan ke bawah. Yang kedua scroll bar horizontal yang berfungsi menggeser dokumen ke kanan dan ke kiri.

Itulah beberapa menu-menu yang terdapat pada Microsoft word. Menu-menu diatas merupakan tutorial Microsoft word dasar yang mudah Kalian pahami dan Kalian kuasai. Kalian bisa memahami dan mengetahui masing-masing fungsi menu tersebut dari sekarang.

Komentar

URL Copied!