Tutorial Microsoft Excel Mengenal Fungsi Rumus

Edit

Microsoft Excel merupakan aplikasi atau software pada komputer yang berguna untuk mempermudah pekerjaan kantor khususnya hitung – hitungan. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh orang – orang untuk menyelesaikan berbagai dokumen yang memerlukan hitungan yang rumit.

Semisal tugas kuliah, pekerjaan kantor, laporan keuangan dan masih banyak lagi. Apalagi di masa sekarang yang serba online, otomatis penggunaan dari microsoft excel sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan.

Dengan menguasai Microsoft excel kita akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Bagi Kalian yang sedang mempelajari aplikasi ini Kalian datang di tempat yang tepat. Karena kami di sini akan membahas mengenai fungsi rumus dalam microsoft excel agar Kalian lebih paham dan cepat mahir.

Fungsi Rumus dalam Tutorial Microsoft Excel

Fungsi Average

Tutorial microsoft excel pertama yaitu mengenal rumus fungsi average fungsi ini, memiliki kegunaan dalam mencari nilai rata – rata pada sekumpulan data. Umumnya ditulis dengan =AVERAGE(number2, number3…). Nilai number1, number2, dst merupakan sekumpulan yang akan dicari rata – ratanya Contohnya dalam mencari rata – rata nilai dari range data F8 sampai I8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(F8:I8) kemudian klik tombol enter.

Fungsi Sum

Fungsi SUM memiliki kegunaan sebagai fungsi yang dapat menjumlahkan sekumpalan data (range). Fungsi ini biasa ditulis dengan rumus =SUM(number2, number3…). Number1, number2 disini adalah sekumpulan data yang dijumlahkan.

Contoh aplikasi dari rumus tersebut misalnya, menjumlahkan range dari E3 sampai G4. Maka rumus yang ditulis di dalam aplikasi =SUM(E3:G4) setelah itu tekan tombol enter.

Fungsi Max

Tutorial microsot excel yang berikutnya yaitu fungsi max, fungsi ini memiliki kegunaan untuk mencari nilai yang paling tinggi dari sekumpulan data. Fungsi ini biasa ditulis dengan rumus =MAX(number2,number3,..). Range number2, number3, dan seterusnya merupakan sekumpulan data yang nantinya akan dicari nilai tertinggi.

Misal contoh ketika di dalam aplikasi kita dapat mengetik rumusnya =MAX(E7:F7), E7 dan F7 meruapakan range data. Setelah rumus ditulis, langsung saja tekan enter.

Fungsi Min

Fungsi Min merupakan fungsi yang memiliki keterbalikan dari fungsi max, jika fungsi max untuk mencari nilai data yang tertinggi. Maka fungsi Min berguna untuk mencari nilai terendah atau minimum dari sekumpulan data. Fungsi ini biasanya ditulis dengan rumus =MIN(number2, number 3,…), dimana number2, number3 merupakan range data yang akan dihitung.

Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah pada range data E6 sampai G6, maka rumus yang dibutuhkan adalah =MIN(E6:G6) kemudian tekan tombol enter.

Itulah beberapa fungsi atau rumus yang harus Kalian kenali dalam tutorial microsoft excel. Semoga tutorial ini dapat membantu Kalian memahami dan mempelajari software ini.

Komentar

URL Copied!