Pelajarilah Tutorial Microsoft Word Ini Bagi Kalian Yang Pemula

Edit

Microsoft word merupakan software pengolah kata yang sangat popular sejak lama dan banyak sekali penggunanya. Software ini digunakan untuk melakukan banyak hal yang berhubungan dengan kata, kalimat, dan paragraf.

Contohnya adalah membuat proposal, makalah, novel, sertifikat, kartu ucapan, kartu nama, surat, dan berbagai macam jenis media cetak lainnya. Jadi, ada baiknya Kalian menguasai Microsoft word karena Kalian pasti akan membutuhkan software ini dalam membuat berbagai macam media cetak atau kertas.

Microsoft word sendiri menjadi perangkat lunak atau software pengolah kata masa kini yang terpopuler di dunia. Di Microsoft word terdapat berbagai fitur-fitur yang dapat membantu Kalian dalam membuat dokumen, mengedit dokumen, dan memformat dokumen.

Contohnya spell check dimana fitur ini dapat membantu Kalian terhindar dari typo saat menulis. Software ini memberikan beragam manfaat seperti membuat dokumen lebih cepat, mudahnya mengedit dokumen, dan tersedianya banyak fitur.

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Pemula Saat Belajar Tutorial Microsoft Word

Membuka dan membuat dokumen

Langkah pertama yang harus Kalian kuasai adalah membuka dokumen karena ini adalah hal dasar yang sering digunakan dalam Microsoft word. Pertama, pastikan Kalian sudah membuka Microsoft word dan memilih menu file atau ikon Ms Word yang ada di pojok kiri atas.

Kedua, Kalian bisa pilih menu Open kemudian pilih menu Browse untuk mencari file Kalian. Bagi pengguna Microsoft word 2007, Kalian bisa langsung pilih menu Open untuk menemukan file yang ingin dibuka.

Selanjutnya adalah tutorial Microsoft word membuat dokumen baru. Pastikan Kalian sudah membuka Microsoft word dan pilihlah menu File atau ikon Ms Word (untuk Microsoft word 2007) yang ada di pojok kira atas. Kemudian, Kalian bisa memilih menu New dan pilihlah menu Blank Document.

Untuk Microsoft word 2007 biasanya langsung bisa membuat dokumen tanpa harus mengikuti instruksi diatas.

Cara menyimpan dokumen

Langkah kedua adalah menyimpan dokumen yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu Save dan Save as. Perbedaan dari keduanya ada pada fungsinya dimana Save digunakan untuk menyimpan dokumen baru sedangkan Save as digunakan untuk menyimpan dokumen lama.

Cara pertama untuk menyimpan dokumen dengan Save adalah Kalian tinggal memilih menu File, kemudian pilih Save lalu tentukan dimana akan menyimpannya.

Cara kedua adalah dengan memilih ikon Save yang ada diatas menu File.

Cara terakhir adalah yang paling mudah dan singkat yaitu dengan menekan tombol Ctrl+S. Untuk tutorial Microsoft word menyimpan dokumen lama dengan nama baru, Kalian bisa menggunakan Save as.

Fitur ini biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen orang lain yang ingin Kalian ubah namanya atau membuat duplikat suatu dokumen.

Caranya sangat gampang, Kalian dapat memilih menu File, kemudian pilih menu Save as dan terakhir pilih Browse. Setelah itu, Kalian dapat mengubah nama file dan menentukan sendiri dimana file tersebut akan disimpan.

Itulah langkah-langkah dasar dalam tutorial Microsoft word yang harus Kalian kuasai dahulu. Pelajarilah secara bertahap agar Kalian tidak merasa bingung dan kuasailah terlebih dahulu sebelum belajar ke cara selanjutnya.

Semoga informasi diatas dapat membantu Kalian yang ingin belajar Microsoft word.

Komentar

URL Copied!