Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terinstal di Play Store

Edit
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terinstal di Play Store

Saat sedang menunggu proses mengunduh di Play Store selesai, tetapi saat uduhan sudah 99% bahkan 100%, aplikasi atau games tersebut tidak terinstal. Hal lain yang membuat jengkel, aplikasi yang di unduh memiliki file size besar mencapai ber giga-giga. Seperti games yang membutuhkan file obb seperti PUBG, Garena Free Fire, COD dan aplikasi lainnya.

Apalagi pengunduhan aplikasi menggunakan paket kuota tanpa wifi. Kuota jadi terbuang sia-sia tanpa hasil. Lalu bagaimana cara mengatasi supaya aplikasi dan games terinstal seperti biasanya?

Kalian bisa ikuti cara-cara yang sudah di rangkum di bawah ini. Sebelum mengatasi masalah aplikasi atau games tidak terinstal, kalian harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Aplikasi Tidak Terinstal di Play Store

1. Faktor Kapasitas Memori Ponsel

Aplikasi tidak ter instal karena memori ponsel yang sudah penuh. Ketika unduhan selesai aplikasi akan di instal dan menempatkan data ke perangkat. Tetapi memori ponsel sudah penuh. Hal tersebut membuat aplikasi gagal untuk di instal.

2. Aplikasi Tidak Didukung Ponsel

Aplikasi yang kalian unduh di Play Store tidak di dukung ponsel. Sehingga aplikasi akan menolak untuk terinstal di ponsel.

Contohnya, aplikasi hanya di dukung di beberapa versi android Oreo 8.1 dan yang terbaru. Sedangkan ponsel kalian masih di versi android naugat 7.0, Otomatis aplikasi tidak bisa terinstal.

3. Koneksi Internet Lambat

Ketika kalian download aplikasi di Play Store dengan keadaan internet lambat. Hal tersebut bisa mengganggu proses penginstalan.

Karena di setiap penginstalan aplikasi membutuhkan data internet yang cukup. Jika internet kalian lambat, aplikasi akan gagal di instal.

4. Menggunakan Play Store Versi Lama

Versi Play Store di Ponsel Kalian masih versi lama sehingga ponsel akan menolak untuk di instal. Di versi terbaru Play Store memiliki sistem Play Protect. Maka ponsel akan jauh lebih aman, dan meminimalisir aplikasi yang berisi virus.

5. SafetyNet Fail

SafetyNet adalah sistem keamanan di android, salah satu kerja SafetyNet yaitu dimana kalian menginstal aplikasi di play store dan saat itu juga di scan oleh play protec. Cara mengatasi SafetyNet fail menggunakan modul magisk bisa baca di Cara Mengatasi SafetyNet Magisk Merah.

Mengatasi APK Tidak Terinstal di Play Store

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terinstal di Play Store

1. Update Play Store ke Versi yang Terbaru

Sebelum kalian mengunduh dan instal aplikasi di Paly Store. Cek versi Play Store di ponsel kalian, jika masih menggunakan versi lama, update ke versi terbaru.

Caranya, buka Play Store kalian lalu ketuk garis tiga di pojok kiri atas > gulir ke bawah > Buka Setelan Play Store > Gulir kebawah dan cari menu Versi Play Store > Tab satu kali menu Versi Play Store > Jika Play Store kalian versi lama, otomatis Play Store akan di update.

Setelah kalian selesai update Aplikasi Play Store di ponsel. Coba unduh kembali aplikasi yang akan kalian instal dari awal.

2. Periksa Perizinan Aplikasi Play Store di Pengaturan

Setelah Play Store sudah di Update tetapi tetap saja aplikasi tidak terinstal. Coba kalian cek info perizinan Play Store di pengaturan ponsel.

Caranya, buka Pengaturan ponsel > Tab menu Aplikasi dan Notifikasi atau di beberapa ponsel disebut Aplikasi Manager > Cari aplikasi Play Store > Buka dan tab menu Perizinan > Centang semua izin akses aplikasi Play Sore, terutama perizinan Penyimpanan.

3. Hapus File Sampah Yang Tidak Penting

Jika ternyata memori ponsel kalian penuh, dan menyebabkan aplikasi yang di unduh dari Play Store tidak terinstal.

Coba hapus file sampah yang tidak di perlukan, atau korbankan beberapa aplikasi yang jarang di buka untuk di uninstal. Sehingga memori kosong perangkat di ponsel bertambah.

4. Hapus Cache & Data Play Store

Saran lain saat kalian mengalami aplikasi tidak dapat di instal yaitu dengan menghapus Cache dan data aplikasi Play Store di Ponsel.

Caranya, masuk ke pengaturan ponsel > Buka menu Aplikasi dan Notifikasi / Manager Aplikasi > Vari Aplikasi Play Store > Buka penyimpanan aplikasi Play Store > Hapus Cache dan Data Play Store. jika sudah, coba unduh kembali aplikasi yang akan di instal.

Semua cara sudah di lakukan tetapi tetep saja aplikasi tidak dapat terinstal. Kalian coba mulai ulang ponsel. Di beberapa ponsel dengan memulai ulang ponsel masalah aplikasi tidak ter instal dapat di atasi. Coba saja siapa tau berhasil.

5. Cari Jaringan Koneksi Data atau Wifi Yang Kuat

Cari jaringan internet yang stabil. Jika di tempat kalian susah untuk menerima jaringan data ponsel. Coba untuk pergi ke tempat terbuka dan sinyal dapat di tangkap oleh ponsel.

Jika akses jaringan data di tempat kalian lemah, dapat menggunakan wifi. Di tempat makan atau tempat umum lainnya, bisanya ter dapat jaringan wifi gratis yang cepat. Jika tidak ada, coba pasang wifi sendiri di rumah dengan kecepatan tinggi. Sehingga proses pengunduhan aplikasi berjalan lancar dan dapat terinstal.

6. Update Android Ponsel ke Versi Terbaru

Play Store di beberapa ponsel tidak bisa di update ke versi terbaru karena os android yang tidak di dukung. Maka kalian harus update Android ke versi terbaru. Nantinya aplikasi Play Store juga akan otomatis terupdate ke versi terbaru. Sehingga proses penginstalan aplikasi berhasil.

Kalo memang semuanya gagal, coba kalian beli ponsel keluaran terbaru dengan prosesor, ram dan penyimpanan yang bagus. Itulah solusi terakhirnya. Kalo memang belum mampu, nikmatilah ponsel yang sekarang di pegang tanpa aplikasi terbaru. Sebelum meninggalkan artikel ini, luangkan waktu untuk berbagi artikel ini ke teman-teman kalian di sosial media.

Komentar

URL Copied!