6 Langkah Detoks Media Sosial Paling Ampuh

Edit

Rasa-rasanya hampir tiap dari kita mempunyai satu account media sosial, bahkan bisa saja lebih. Apakah Anda terhitung orang yang tidak bisa mangkir scrolling linimasa medsos tiap hari??? Berhati-hatilah... Walau awalnya memang untuk up-date informasi paling baru, melihat berbagai postingan di monitor hp. Maka lama-kelamaan dapat menggerogoti batin. Nah, ini mungkin waktunya bikin Anda mengawali detoks medsos. Bagaimana triknya?

Beberapa langkah detoks medsos paling ampuh...

Beberapa riset sudah memberikan laporan jika pemakaian medsos dalam periode panjang bisa mengubah sudut pandang serta bikin rugi mental.

Ya! Dibalik semua keindahan photo serta kehebohan narasi orang di dunia maya, pemakaian sosial media dalam periode panjang bisa berefek negatif buat kesehatan mental.

Salah satunya ialah penambahan efek stres, insomnia, citra diri (bodi image) yang jelek, penurunan keyakinan diri, masalah kekhawatiran serta masalah makan, sampai tingkah laku menyakiti diri kita (self-harm).

Semua efek ini disangka kuat ada jadi bentuk riil dari kecenderungan alam bawah sadar kita yang menjadi senang memperbandingkan diri dengan kehidupan orang lain, hingga tidak bisa menikmati hidup. Teori ini pernah diterangkan dalam studi berjudul Online Social Networking and Mental Health yang dimuat dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

Berikut panduan detoks medsos yang dapat Anda coba untuk mulai kurangi “candu dunia maya”:

1. Jauhkan handphone dari jangkauan

Mengawali detoks medsos memang tidak segampang membalik telapak tangan. Ditambah lagi bila Anda mempunyai banyaknya waktu luang.

Tetapi demikian ada peluang, selekasnya jauhkan hp atau gawai elektronik yang lainnya dari jangkauan Anda. Khususnya bila Anda tidak sedang mempunyai banyak kegiatan. Cepatlah “isi” tangan kosong Anda dengan pekerjaan lain supaya tidak selalu teringat untuk memegang handphone.

Jauhkan hp dari jangkauan tangan Anda serta ganti ke model sunyi atau getar saat sedang kerja. Ini mempermudah Anda lebih konsentrasi mengakhiri pekerjaan lebih efektif.

Demikian juga saat bergabung bersama dengan keluarga atau kerabat dekat. Bila sangat mungkin, ajak mereka untuk memiliki komitmen menempatkan hape jauh dari jangkauan supaya lebih konsentrasi bersosialisasi serta habiskan waktu bernilai bersama.

2. Bikin alarm untuk batasi waktu akses medsos

Langkah paling efektif untuk detoks medsos dengan batasi waktu mengaksesnya. Batasan lumrah memakai sosial media menurut psikolog ialah 30 menit sampai satu jam /hari.

Anda dapat membagi keseluruhan 1 jam dalam beberapa “sesi” sepanjang satu  hari. Contohnya, 15 menit pada pagi hari, 15 menit waktu makan siang, 15 menit waktu perjalanan pulang di angkutan umum, serta 15 menit waktu makan malam.

Supaya tidak kebablasan,peringatkan diri kita untuk logout dari akun-akun medsos Anda dengan pasang alarm. Ada banyak aplikasi di toko aplikasi yang dapat menolong dan membantu memperingatkan Anda saat telah sampai batasan waktu yang diputuskan.

Semestinya jauhi membuka sosial media saat mendekati waktu tidur, sebab dapat mengganggu kualitas tidur.

3. Matikan pemberitahuan sosial media

Matikan pemberitahuan semua sosial media Anda supaya tidak sebentar-sebentar tertarik cek hape untuk lihat up-date paling baru. Terkecuali memang account itu dipakai untuk keperluan kerja.

Jika memang diperlukan, aturlah aplikasi yang penting mana saja dan dipasang ke homescreen handphone. Upayakan pasang yang cuma dibutuhkan saja. Dengan ini, Anda tidak akan tergiur untuk membuka aplikasi sosmed lainnya di menu all aplikasi.

4. Bikin ruang “Bebas Handphone”

Walau terdengar konyol, tidak ada salahnya untuk mencoba langkah ini. Anda dapat menetapkan sendiri ruang mana saja di dalam rumah yang tidak dibolehkan bawa apa lagi untuk memainkan gawai membuka sosmed. Contohnya, di ruangan TV atau ruangan makan supaya konsentrasi bergabung bersama dengan keluarga lebih berkesan.

5. Bikin agenda “Hari Tanpa ada Media Sosial”

Tetapkan sehari dalam satu minggu untuk peristiwa “sehari tanpa ada media sosial”. Contohnya hari Minggu, hingga Anda dapat habiskan waktu untuk bergabung bersama dengan rekan atau keluarga, lakukan hoby yang disenangi.

6. Hapus aplikasi sosial media

Salah satunya langkah berlebihan yang dapat dikerjakan untuk detoks medsos dengan meniadakan aplikasinya. Langkah paling akhir ini harus jadi jalan keluar paling akhir bila Anda masih saja “bandel” buka sosial media sesudah lakukan beberapa panduan di atas.

Tak perlu semua dihapus. Pilih satu atau dua aplikasi medsos yang paling buat “nagih” dan membuat Anda lupa waktu di saat menggunakannya.

Jika belum siap keseluruhan, Anda dapat menghapusnya selama beberapa waktu sekali untuk rasakan faedahnya. Instal lagi bila ingin menggunakannya, serta Uninstal lagi beberapa waktu sesudahnya.

Memperpanjang waktu “hiatus”nya dari sekian waktu bila telah mulai terlatih, serta paling akhir hapuslah keseluruhan aplikasi itu.

URL Copied!