Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dan Audio dengan USB

Edit
Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Menampilkan layar ponsel android atau Mirroring banyak digunakan gamers mobile yang ingin bermain sambil merekam permainan. Ponsel digunakan untuk bermain sedangkan hasil mirroring di PC untuk merekam sehingga games bisa berjalan lancar tanpa adanya lag atau hanya sekedar ingin menampilkan layar ponsel ke PC supaya tampilan lebih besar.

Cara mirroring kali ini benar benar gratis. Laptop, ponsel dan kabel sebenarnya beli juga sih. tapi untuk aplikasinya dapat di unduh gratis full fitur. Kalian harus baca secara urut tutorialnya supaya tidak ada kesalahan dan dengan mudah ponsel kalian bisa di mirroring ke pc.

Kami sudah mencoba beberapa aplikasi + software yang katanya bisa mirroring dengan gratis, tapi semua itu zonk. Memang bisa, tapi kalo buat ngrekam atau full layar di pc harus bayar. Insting missqueen muncul, klik klik klik uninstal deh tuh aplikasinya di ponsel serta softwarenya juga di pc. Katanya gratis tapi tetep harus bayar.

Untuk mirroring kali ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan di ponsel. Tapi ponsel android kalian harus di Os Lolipop API 21 (Android 5.0 keatas). Software ini support mirroeing menggunakan sambungan via wifi atau kabel usb. Tetap berfungsi di ponsel sudah di root ataupun belum di root.

Untuk sambungannya, direkomendasikan lebih baik menggunakan kabel usb yang lebih aman. Sebelumnya, kalian harus sudah memasang usb drive di pc dan mengaktifkan USB Debugging di ponsel kalian. Kali ini hanya akan menjelaskan cara USB Debugging saja, untuk instal USB Drive bisa cari referensi lain.

Cara mengaktifkan USB Debugging di setiap ponsel berbeda beda, jika cara di bawah ini tidak bisa dilakukan di ponsel kalian, cari referensi lain di luar sana.

Mengaktifkan USB Debugging

1. Masuk ke pengaturan ponsel > Tentang Ponsel.

2. Ketuk 3 kali di bagian Build number sampai notifikasi toste "Anda Sekarang Seorang Pengembang".

3. Balik ke Pengaturan, Masuk ke Opsi Developer.

4. Nyalakan USB Debugging.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

5. Sekali lagi, cara ini berbeda di setiap merek ponsel. Tapi garis besarnya seperti ini.

Setelah USB Debugging di ponsel menyala. Saatnya mengunduh softwarenya, gratis dan open source. Kunjungi link di Bawah ini, nama softwarenya Scrcpy.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

LINK : DOWNLOAD

Note :

#Pengguna Linux harus di build ulang softwarenya (baca cara di README.md)

#Pengguna Mac Os baca juga di README.md

#Untuk Pengguna Windows : Pilih versi terbaru dan unduh yang scrcpy-win32-v1.8.zip (untuk windows 32bit) atau scrcpy-win64-v1.8.zip (untuk windows 64bit)

Versi saat artikel ini di tulis adalah v1.8

Cara Mirroring / Menampilkan Layar HP Android ke PC dengan USB

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

1. Untuk PC Windows, setelah selesai unduh, Exstak file tersebut lalu buka hasil extrak tadi.

2. Selanjutnya, klik kanan scrcpy, Run as administrator (jika ingin menambah pengaturan, untuk pengaturannya dapat baca di README.md).

3. Jika ingin langsung menampilkan mirror / layar ponsel di pc klik kanan scrcpy-noconsole, Run as administrator.

4. Otomatis, Layar ponsel android kalian akan tampil di PC.

5. Agar penampilan gambar 1:1 di laptop sama seperti di ponsel, tinggal tekan CTRL + G dan untuk menampilkan full screen di laptop dapat menekan CTRL + F.

Mirroring Audio Ponsel Android ke PC

Dikarenakan software scrcpy ini tidak mendukung mirroring audio dari ponsel ke pc, jadi ada cara tambahan agar audio bisa di mirroring juga. Kalian harus punya alat alatnya seperti di bawah ini. Silahkan beli dan cari di toko elektronik terdekat atau beli di online shop langganan kalian.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

1. Setelah kalian punya alat alatnya seperti gambar di atas. Pasang sesuai dengan ilustrasi gambar di bawah ini.

2. Pasang jack audio 3.5mm aux male ke male, tancapkan ke lubang audio dengan simbol microfone ( input audio ) di PC kalian.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

3. Setelah semuanya terpasang, tinggal melakukan pengaturan di PC laptop kalian. Pengaturan ini hanya berlaku di PC Windows

4. Nyalakan PC kalian, klik kanan ikon audio di kanan bawah layar.

5. Klik kiri Recording devices. Lihat seperti gambar di bawah ini.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

6. Akan muncul jendela windows baru, Klik kanan pada Microphone, High Definition Audio Device, Default Device. Klik kiri Enable. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

7. Selanjutnya klik kanan lagi pada Microphone, High Definition Audio Device, Default Device. Klik kiri Properties, masuk ke bagian Listen. Atur seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mirroring Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Tara, sekarang suara audio di ponsel sudah masuk ke pc laptop kalian. Untuk melakukan recording layar dan melakukan streaming. Rekomendasi software seperti OBS, bisa di unduh gratis di luar sana.

Dengan software gratis dan alat alat yang murah, kalian bisa mirroring dan merekam layar ponsel sambil bermain game tanpa mengalami lag atau fps turun.

Komentar

URL Copied!