Aplikasi Kamera Manual Fokus Untuk Semua Android

Edit
Aplikasi Kamera Manual Fokus Untuk Semua Android

Mengambil gambar dari kamera ponsel android tidak kalah bagusnya dengan hasil gambar dari kamera seperti DSLR yang pengambilannya dapat di setting manual sesuka kalian.

Pengambilan gambar di ponsel android supaya hasilnya seperti kamera DSLR, kalian dapat menggunakan bantuan aplikasi kamera tambahan yang disediakan di Play Store.

Dibawah ini ada dua aplikasi kamera android yang direkomendasikan, tapi yang kami bahas paling utama adalah fitur manual fokusnya yang kebanyakan di kamera bawaan smartphone tidak di sediakan dan yang pasti smartphone kalian harus punya fitur auto fokus.

1. Bacon Camera

Aplikasi kamera tambahan ini cukup baik terutama pada fitur manual fokus. Hasilnya saat mengambil gambar atau merekam video bisa dibilang oke. Tapi sayang, aplikasi kamera ini tidak mendukung Camera2 API resmi, jadi smartphone android seperti Nexus, Sony dan smartphone lain yang mendukung CAMERA2 API ini beberapa fitur tidak dapat di gunakan.

Aplikasi Kamera Manual Fokus Untuk Semua Android

Kami menguji aplikasi ini di beberapa smartphone salah satunya menggunakan Xiaomi dan sukses pengujian di fitur manual fokus seperti gambar diatas. Cara pengaturan manual fokus yaitu dengan menekan huruf M besat di samping kiri saat pengambilan tertidur dan diatas pada saat pengambilan berdiri.

Klik fokus dan muncul seperti pengukur , kalian dapat menggeser untuk menentukan fokus objek yang akan diambil gambarnya. Hasilnya pun terasa lebih maksimal ketimbang menggunakan kamera bawaan. Objek terlihat lebih fokus dan background terlihat bokeh layaknya kamera DSLR. Hasil kamera dengan kualitas tinggi sehingga gambar lebih cerah.

Aplikasi Kamera Manual Fokus Untuk Semua Android

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store, yang namanya aplikasi gratis pastinya akan di sisipi iklan, tapi jika iklan tersebut agak mengganggu, iklan tersebut bisa dihilangkan dengan klik garis tiga, lalu ke pengaturan gulir ke paling bawah, matikan show ads tanpa harus membayarnya.

Fitur lainnya tidak kalah kerennya, antara lain yaitu Full Manual Balance Putih, Full Manual Kompensasi Eksposur, Semi-Manual kecepatan ISO, Pedoman Purna Waktu pajanan, Bayer RAW dan dukungan DNG seperti yang dikutip dari keterangan aplikasi kamera Bacon Camera di Play Store, tulisan di keterangan aplikasi tersebut tertulis berbagai perangkat yang sukses diuji yaitu OnePlus One, LG G3, OnePlus X, Nubia Z7 Mini, Xiaomi MI4-C, Oppo Find 7, ZTE Blade S6.

2. Open Kamera

Open Kamera, aplikasi kamera tambahan yang mendukung Camera2 API. Aplikasi ini gratis untuk di download melalui Play Store tanpa iklan sedikitpun. Open Kamera, sesuai namanya Open Source yang berarti nanti kedepan bakal menjanjikan untuk pengembangannya sehingga akan lebih baik kinerjanya.

Aplikasi Kamera Manual Fokus Untuk Semua Android

Aplikasi Kamera ini memiliki kaya fitur yang sangat lengkap. Salah satunya yaitu manual fokus. Saat pertama kali kalian membuka aplikasi kamera ini, tidak langsung menampilkan settingan manual fokus yang sering ditulis dengan huruf M. Kalian harus masuk ke pengaturan, gulir ke bawah, lalu aktifkan Use CAMERA2 API. Kembali ke awal, lalu klik titik tiga, nanti akan ada ikon seperti tulisan M, klik satu kali dan manual fokus pun sudah bisa di atur sesuai kebutuhan.

Jika sudah mengaktifkan Use CAMERA2 API tapi tetep tidak bisa mengatur manual fokus, berarti ponsel kalian tidak mendukung. selain itu, fitur lainnya yaitu mendukung untuk scene mode, efek warna, white balance, ISO, kompensasi eksposur / lock, deteksi wajah, obor. Kalian bisa mendownloadnya secara gratis di Play Store dengan ukuran yang sangat ringan dan kecil.

Kami menyediakan dua aplikasi diatas karena aplikasi kamera pertama yaitu Bacon Camera tidak disarankan untuk smartphone yang tidak memiliki CAMERA2 API sehingga untuk menutupi kelemahan itu bisa menggunakan Open Camera yang mendukung CAMERA2 API. Rekomendasi aplikasi kamera tambahan lainnya bisa kalian jajal langsung seperti aplikasi di bawah ini.

1. Footej Camera
2. Camera MX
3. Camera FV-5

Semua aplikasi diatas bisa langsung di download di Playstore.

Komentar

URL Copied!