Cara Unroot Android Dengan Mudah dan Bersih

Edit
Cara Unroot Android Dengan Mudah dan Bersih

Root? pasti sering mendengar istilah tersebut. Root adalah proses memodifikasi sistem oprasi Android yang memungkinkan pengguna dapat memiliki akses penuh tanpa batasan sehingga dapat mengijinkan untuk melakukan pengubahan seperti menambahkan dan menghapus elemen system yang terdapat di dalam Android.

Keuntungan dari sebuah rooting yaitu kita bisa dengan mudah dan leluasa untuk melakukan pengeditan apapun didalam system android. Dapat menghapus atau uninstal aplikasi aplikasi bawaan ponsel yang sebelum di root tidak bisa uninstal. Dapat mengubah tema tampilan dan tata letak sesuka pengguna.

Sebenarnya proses root juga memiliki kerugian tertentu, seperti hilangnya garansi, terjadi bootloop pada system Android dimana ponsel menyala maksimal di logo ponsel, menurunnya kinerja ponsel, tidak bisa instal beberapa aplikasi di ponsel.

Banyak yang sudah melakukan root tetapi mereka menyesal dan ingin melakukan penghapusan root tersebut. Ada caranya di bawah.

Cara Unroot Dengan SuperSu

1. Buka SuperSu, Setiap Ponsel root yang di root menggunakan SuperSu pasti akan otomatis terinstal aplikasi SuperSu.

2. Setelah terbuka, masuk ke Pengaturan SuperSu yang terletak di paling kanan.

Cara Unroot Android Dengan Mudah dan Bersih

3. Gulir ke bawah, cari dan ketuk Unroot penuh.

4. Akan ada peringatan lalu ketuk lanjutkan.

5. Ponsel akan restart dan jika aplikasi SuperSu hilang, unroot telah berhasil.

Jika dari awal kalian rooting menggunakan aplikasi rooting seperti framaroot, kingroot dan lain lain. mungkin tidak ada aplikasi SuperSu yang terinstal. Pasti di ponsel akan terinstal aplikasi yang namanya menggunakan kata Su atau Super User, silahkan cari dan pilih Unroot Penuh atau Full Unroot di dalam pengaturan aplikasi tersebut.

Cara Unroot Dengan Magisk

1. Buka Magisk Manager.

2. Di halaman utama Magisk Manager, Gulir ke bawah lalu cari tulisan Copot (B. Indonesia) atau Uninstal (B. Inggris).

3. Nanti akan ada peringatan.

4. Selanjutnya pilih Copot Total (B. Indonesia) atau Complete Uninstall (B. Inggris).

Cara Unroot Android Dengan Mudah dan Bersih

5. Tunggu ponsel restart dan unroot terlah berhasil.

Proses unroot atau hapus root tidak akan menghapus file penting di memori. Tetapi akan menyebabkan adanya aplikasi yang terhenti karena aplikasi tersebut membutuhkan akses root. Sebelum melakukan root sebaiknya hapus aplikasi yang membutuhkan akses root.

Cara Unroot Dengan Flash Ulang

Cara hapus root terbaik adalah dengan flash ulang ponsel, tapi kalian harus mengorbankan data dan aplikasi yang sudah di instal jiga ikut terhapus. Karena proses flash akan membuat ponsel seperti baru lagi dan membersihkan semua aplikasi.

Untuk cara flash, di setiap ponsel memiliki caranya tersendiri. Ada yang menggunakan software melalui komputer ada flash dengan menggunakan TWRP jika ponsel kalian sudah di parang TWRP nya.

Komentar

URL Copied!