Cara Mengatasi Kontak Terhenti Secara Terus Menerus di Android

Edit
Cara Mengatasi Kontak Terhenti Secara Terus Menerus di Android

“Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” masalah muncul ketika membuka aplikasi kontak yang ada di ponsel disertai keluar secara tiba tiba. Bahkan hal tersebut terjadi ketika sesaat baru saja menyalakan ponsel pintarnya. Langsung muncul peringatan kontak android terhenti.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu karena ada kegagalan sinkron kontak dengan aplikasi lainnya, kesalahan dari aplikasi kontak tersebut ketika membaca sebuah data atau faktor ponsel yang sisa RAM tersisa sedikit.

Ada cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara cara sederhana seperti berikut.

1. Hapus Cache dan Data Aplikasi Kontak

Sebelum melakukannya kalian sebaiknya backup dulu data kontak yang tersimpan untuk jaga jaga, supaya bisa di restore jika ada data penting yang hilang dan ingin di kembalikan. Setelah sudah benar-benar terbackup semua data, kalian bisa langsung melakukan penghapusan cache dan data aplikasi kontak yang terhenti tadi.

Kontak Terhenti Android

Caranya dengan masuk ke Pengaturan > Manager Apps / Aplikasi > Cari Aplikasi Kontak, lalu hapus cache dan data. Buka aplikasi kontak di ponsel dan masalah kontak terhenti akan hilang.

2. Memindahkan Data Kontak dari Sim Ke Telepon

Cara lain jika cara di atas masih tidak menghilangkan masalah yaitu dengan memindahkan atau menyalin data kontak yang tersimpan di simcard ke dalam penyimpanan telepon. Kenapa harus di salin ke telepon ? ada kemungkinan masalah kontak terhenti karena ada kegagalan saat sinkron data kontak ke aplikasi aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan data kontak yang tersimpan, contohnya seperti aplikasi chating dan lain lain.

Jadi, untuk memperingan kerja singkron sebaiknya data kontak disalin ke dalam telepon. Jika takut isi data kontak hilang, jika sewaktu waktu ponsel rusak. Backup, backup, dan backup... banyak kok aplikasi untuk nge backup data kontak di Play Store.

3. Menghapus Aplikasi yang Tersinkron dengan Kontak

Mengatasi masalah kontak yang terhenti juga bisa dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang tersinkron dengan isi data kontak. Dengan ini bisa mengurangi kerja aplikasi kontak untuk selalu mensinkron dengan aplikasi aplikasi yang di instal. Contoh aplikasi yang tersinkron dengan ponsel seperti aplikasi chating, menelpon dan lainnya.

Jika kalian tidak mau aplikasinya di uninstal / hapus, kalian bisa mengatasinya dengan menonaktifkan sinkroning di pengaturan ponsel kalian.

4. Menginstal Aplikasi Kontak Tambahan Di Playstore

Kadang aplikasi kontak bawaan ponsel memiliki banyak kekurangan dengan fitur apa adanya. Alangkah baiknya jika kalian menginstal kontak tambahan yang memiliki sedikit kekurangan dan banyak fitur tambahan yang canggih.

Kalian dapat mendownload aplikasi kontak di Playstore. Banyak sekali aplikasi kontak yang tersedia di playstore, sebelum mendownload kalian harus lihat jumlah rating dan beberapa komentar. Karena dengan ini kalian jadi tau kualitas aplikasi kontak tersebut, jika rating dan komentar yang positif jangan ragu untuk mendownloadnya dan menginstalnya.

5. Factory Reset Ponsel Ke Pengaturan Pabrik

Jika sudah benar benar gagal dengan cara cara di atas, cara ini bisa di gunakan. Factory Reset yaitu menghapus semua settingan pengaturan yang sudah kalian ubah ubah, sehingga nanti pas sudah di reset kembali ke pengaturan awal seperti saat kalian membeli ponsel. Masuk ke Pengaturan > Buat Cadangan & Setel Ulang > Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik > Pilih Reset Ulang Telepon.

Di percaya cara ini dapat menghilangkan masalah yang terjadi pada aplikasi kontak terutama kontak terhenti secara tiba tiba. Tapi perlu di ingat , sebelum melakukan Factory Reset lebih baik selalu melakukan backup dulu data-data penting.

6. Flash Ulang Ponsel

Semua cara diatas sudah di coba dan benar benar tidak ada jalan lain. Cara terakhir yaitu dengan melakukan Flash ulang. Jika ingin flash sendiri banyak tutorial yang dibagikan di grup grup sesuai dengan tipe ponsel kalian. Jika masih ragu melakukan flash sendiri, lebih baik flash di konter atau sevice center terdekat dengan sedikit biaya.

Komentar

URL Copied!