Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Edit
Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Aplikasi file manager merupakan aplikasi untuk mengelola file file yang tersimpan di android. Beberapa pengguna android memasang aplikasi ini. Tapi memilih mana aplikasi file manager yang baik sangatlah sulit, karena banyak pilihan yang tersedia dengan sejuta fitur.

Untuk pengguna ponsel root, tidak mungkin bisa hanya mengandalkan file manager bawaan ponsel. Dengan menggunakan file manager tambahan, pengguna root dapat dengan leluasa mengakses file system di ponsel android.

Di bawah ini beberapa aplikasi file manager yang banyak orang belum tahu dan cukup di rekomendasikan untuk di pasang di android kalian dan silahkan kalian pilih mana yang sesuai.

1. Solid Explorer File Manager

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Solid Explorer File Manager ini bisa memprotek file kita dengan pasword, sehingga hanya kita yang mengetahui pasword tersebut untuk membuka file yang di proteksi. Banyak fitur yang bisa di gunakan seperti file maneger biasanya, Dari segi tampilan sangat ringan dan bayang pilihan tema dan ikon yang dapat di ubah ubah, bahkan bisa mengganti dengan tool yang bisa di peroleh dengan mendownloadnya di Play Store.

File manager ini memang tidak gratis, kami coba memasang di ponsel di play store ternyata mendapat trial 14 hari, kami mencoba membeli dengan harga sekitar RP 4.000 rupiah dengan menggunakan pulsa. Ahirnya trial terhapus dan semua fitur dapat di gunakan.

2. MK Explorer (File manager)

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

MK Explorer file manager yang begitu ringan dengan tampilan disain material yang elegan. File manager tidak begitu wah dan tidak begitu canggih. File manager sederhana yang lebih mementingkan peningkatan untuk sekedar mengelola file kita yang ada di ponsel.

Kalian bisa mendapatkan semua fitur dasar seperti copy, paste, menghapus, memindahkan, pengelola ZIP dan file RAR, kompresi untuk ZIP. Ini adalah fungsi yang sama pada semua file manager lainnya.

Membahas tentang antarmuka pengguna pada file manager ini, panel yang muncul saat menggesekkan ke kanan berisi pengaturan aplikasi dan link ke berbagai folder. Kalian juga bisa mengubahnya seperti menambahkan atau menghapus shortcut baru di di antarmuka ini.

Hal lain yang yang tidak kalah menarik adalah file manager ini mendukung dua panel yaitu dua folder dapat diakses dari layar yang sama. Untuk membuka folder di jendela kedua tap pada tombol menu (tiga titik) tepat di sebelah folder dan tekan "terbuka di jendela kanan".

3. ES File Explorer File Manager

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

ES File Explorer File Manager ini sudah beratus ratus milyar orang sudah mendownloadnya di Play Store. Dari beberapa orang menyebutkan bahwa file manager ini sangat baik. Dapat membaca hampir semua jenis file. Dengan tema yang banyak pilihan membuat orang tidak cepat bosen menggunakannya.

Kalian dapat dengan mudah mengelompokan file dengan jenis tersendiri. File manager ini juga berfungsi tidak hanya sebagai alat untuk mengelola file saja, namun dapat digunakan untuk hal lain, seperti menghapus file sampah, dapat mengurangi beban penyimpanan file hingga 80% sehingga ponsel akan lebih cepat memproses sesuatu.

Tapi ada hal lain yang membuat kami ragu menggunakannya, karena di aplikasi ini terdapat iklan yang lumayan mengganggu. Jika kalian tidak begitu mempedulikan iklan demi fitur yang ada di ES File.

4. File Manager HD (File transfer)

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

File Manager HD (File transfer) yang dibuat oleh the Clean Master team dengan banyak fitur, sangat simple dan mudah digunakan, terutama untuk kirim mengirim file.

Bisa digunakan untuk cut, copy, paste, menghapus, kompres, dekompresi, dan pencarian file yang kita ingin untuk mempermuda kita membukanya langsung seperti file manager lainnya.

Terdapat dukungan Cloud yaitu bisa beralih di antara file lokal menuju Dropbox, Box, Google Drive, SkyDrive dan masih banyak lagi cloud yang di dukungnya.

Selain itu, terdapat fitur Wi-Fi Transfer file misalnya menggunakan PC Anda untuk secara nirkabel mengedit file ponsel menggunakan PC kalian melalui nirkabel mengedit mengedit file ponsel menggunakan FTP.

Kalian dapat membuka file dengan jenis gambar, audio, video, baru dibuka, hasil download, dan lain lain menggunakan widget untuk mengakses folder dalam satu ketuk dari homescreen. File manager ini mendukung beberapa protokol yang dapat mentransfer file menggunakan FTP, FTPS, SFTP, WebDAV dan LAN / SMB, media stream dari LAN / SMB / FTP / WebDAV / Cloud tanpa men-download.

5. Root Explorer

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Root Explorer adalah file manager paling utama sering digunakan untuk pengguna root. Mengakses seluruh sistem file android (termasuk folder data yang sulit dibaca oleh beberapa file manager lain). Biasanya para pengguna ponsel yang diroot, file manager ini digunakan untuk push file ke sistem.

Dengan fitur seperti Text Editor, membuat dan mengekstrak zip atau file tar/gzip, ekstrak arsip rar, multi-pilih, mengeksekusi skrip, pencarian, remount, perizinan, bookmark, mengirim file (melalui email, bluetooth dll), thumbnail gambar, APK biner XML penampil, mengubah file pemilik / grup, membuat link simbolik, "Open With" fasilitas, MD5, membuat cara pintas menjadikan aplikasi file manager ini kaya dan disukai.

Tapi yang bikin kecewa, sama seperti file manager ES File Explorer File Manager yang memiliki ikan sehingga akan membuat pengguna agak sedikit kurang nyaman, namun di beberapa pengguna ponsel yang sudah di root, mereka melakukan block iklan pada ponselnya sehingga tidak muncul lagi.

6. File Manager by ASUS

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

File Manager ini dapat mengelola file kalian secara efisien dan mudah. File Manager by ASUS membantu menangani semua file kalian yang disimpan dalam memori perangkat maupun disimpan di kartu microSD, Local Area Network (LAN), and cloud storage accounts.

Secara default, File Manager by ASUS memungkinkan kalian dapat menyalin, memindahkan, mengubah nama, menghapus atau berbagi file ke dan dari salah satu penyimpanan yang ada di ponsel. Hal ini juga memungkinkan untuk mencari dan mengakses file kalian berdasarkan kategori.

Fitur Utama pada File manager ini seperti Cari, akses, menyimpan, memindahkan, menghapus, atau berbagi file yang disimpan di penyimpanan internal ponsel kalian ke atau dari kartu microSD, Local Area Network (LAN), and cloud storage accounts seperti ASUS WebStorage, Dropbox, Google Drive dan Microsoft onedrive yang  sudah disebutkan sebelumnya.

Streaming file multimedia seperti musik atau video atau membuka dokumen, gambar, atau foto yang tersimpan dalam penyimpanan Cloud kalian. Compress file untuk menghemat ruang penyimpanan dan ekstrak file terkompresi dalam format Zip dan RAR. Telusuri file dengan mudah berdasarkan kategori langsung dari layar utama File Manager ini seperti file gambar, video, musik, aplikasi, download, dan favorit.

7. X-plore File Manager

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Ketika pertama kali membuka X-plore File Manager, kalian akan merasakan tampilan seperti pada sebuah software Windows yang disebut Xtree Pro. Yang diketahui bahwa software ini digunakan untuk kabel serial atau paralel, yang bisa untuk mentransfer file antara satu komputer dengan komputer lainnya. Aplikasi X-plore file manager memungkinkan untuk mentransfer file antara folder pada perangkat yang sama, yah sama fungsinya seperti software Xtree Pro.

Meskipun tampilannya agak terlalu rumit. tetapi tetap sangat mudah digunakan dan profesional, yang terpenting adalah kalian bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Kalian bahkan dapat memanipulasi file dalam penyimpanan web atau LAN, melihat file APK seperti Zip, membuat file Zip, dan bahkan telah built-in untuk menampilkan gambar, video, audio, dan teks.

Fungsi apalagi yang tidak ada di aplikasi ini? Banyak sekali dan tidak diragukan lagi kalian akan menemukan fitur canggih seperti software dalam aplikasi ini. Bahkan tidak ada iklan yang yang mengganggu tertempel di aplikasi ini.

8. ASTRO File Manager

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Astro File Manager dapat membantu kalian untuk mengatur dan melihat gambar, musik, dokumen atau file lainnya pada perangkat Android dengan sangat cepat dan sangat intuitif. Memiliki tampilan ikon sejajar kotak kotak yang mudah di lihat, tajam dan rapi dengan pilihan menu yang mudah dimengerti.

Setelah opsi dipilih, layar bagian samping kiri akan menyajikan beberapa cara yang mudah untuk menavigasi melalui memori internal dan eksternal, jenis file, dan lainnya seperti Podcast, Ringtones, Downloads, USB Storage, dan masih banyak lagi.

Pencarian file yang dapat mempermudah menemukan file yang dicari tanpa membuka satu persatu folder. Selain itu terdapat ASTRO Berkas Manajer Task Killer yang berfungsi untuk mematikan tugas atau proses yang dapat menguras daya baterai dan satu lagi yaitu ASTRO Berkas Manajer Backup yan dapat dengan mudah membuat cadangan untuk mengantisipasi jika kehilangan file atau  saat telepon habis di reset ke pengaturan pabrik.

9. Total Commander - file manager

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Setelah membuka aplikasi file manager ini, kalian akan melihat tata letak sederhana dan bagus yang memungkinkan kalian untuk membantu menavigasi dengan mudah file di ponsel. Ada sisi unik yang terletak di toolbar bawah yang dapat diubah seperti bookmark, folder file, dan kemampuan untuk menambahkan tombol ke toolbar di bagian bawah sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kalian.

File manager ini juga tidak hanya dukungan perangkat lokal, tetapi juga mendukung file jaringan pengelolaan/browsing. hal ini bisa dilakukan melalui aplikasi tambahan plug-in yang dapat di unduh melalui Play Store dengan mengklik tambah plug-in di dalam aplikasi file manager ini. Setelah di pebaharui, file manager ini juga mendukung FTP, koneksi SMB, dan kemampuan untuk terhubung ke server WebDAV.

10. Tetra Filer Free

Aplikasi File Manager Terbaik Android Saat Ini

Tetra Filer adalah file manager sederhana dan tampilan yang sangat simple yang berfokus pada operasi file penyimpanan internal. Menurut kami, aplikasi file manager ini sangatlah ringan dan mudah digunakan untuk android yang mempunyai spek rendah.

Meskipun aplikasi file manager ini sangat simple dan ringan, tetap memiliki banyak fitur Cut, copy, paste dan menghapus, membuat folder baru, Ganti nama file, Cari (dengan wildcard), Compress dan ekstrak, Properti, Bookmark, Memiliki jalan pintas, yang dapat mengurutkan, bagikan, menampilkan thumbnail (Gambar, Film dan APK), dapat menampilkan file yang tersembunyi. Yang terpenting aplikasi file manager ini dapat kalian unduh secara gratis.

Komentar

URL Copied!