Hal Penting Sebelum Share Konten di Media Sosial

Edit

Share, update status, upload foto, meme, dan berkomentar di media sosial sebenarnya memang sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Bahkan kalian bisa kapan saja melakukan hal tersebut secara gratis dan dilakukan tanpa bertatap muka langsung.

Banyak hal positifnya, kalian bisa langsung mengeluarkan unek unek tentang suatu masalah melalui media sosial ini, berbagi ilmu, share informasi terkini. Tapi tetap di inget juga masih ada hal negatif yang ditimbulkan. Banyak terjadinya bullying, olok olok, menjelekan nama baik dan lain lain, bisa bisa kalian malah terjerat hukum dengan hal sepele seperti itu.

Sudah banyak orang yang terjerat hukum hanya karena masalah sepele seperti ini. Jangan mentang mentang cuman media sosial kalian seenaknya upload hal hal yang bisa merugikan dan mencemarkan nama baik. Menganggap sepele karena berfikir bahwa di media sosial tidak ada sangsi.

Dunia maya masih tetep ada etika yang harus kalian patuhi, apalagi saat share konten di media sosial. Supaya tidak terjadi sesuatu hal yang merugikan orang lain dan kalian sendiri. Coba kalian baca di bawah sebelum kalian share sesuatu hal di media sosial.

1. Bayangkan Apa Penyebabnya Jika Diungkapkan Langsung

Kalo kalian akan share sebuah pernyataan, komentar, informasi berita atau meme di media sosial tertentu. Sebelum melakukannya kalian perlu membayangkan dulu bagaimana jika konten yang akan dishare diungkapkan secara langsung. Akan terjadi apa ? efeknya apa ? ketika kalian membayangkan konten yang akan dishare tersebut diungkapkan secara langsung. Apakah seketika itu jadi ragu ragu karena takut menyinggungnya atau tidak. Apakah akan muncul di bayang bayang kalian akan menjadi masalah yang besar. Jika iya, lebih baik ungkapan tersebut simpan saja, tidak perlu untuk di share ke media sosial. Yang pasti bakalan menyinggung seseorang nanti. Jika orang yang di singgung tidak terima, akan jadi sebuah masalah besar.

2. Pikirkan Dulu Apa Manfaatnya

Meskipun kertika akan share informasi di sosial medianya sudah dipikirkan matang matang dan memang tidak akan menyinggung siapapun nantinya, masih ada hal lain yang harus di pikirkan, apa manfaatnya ? Apakah yang akan kalian share itu bermanfaat atau malah tidak bermanfaat sama sekali untuk orang lain. Kalo memang tidak bermanfaat, buat apa buang buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat. Iya.. kalo memang yang di posting pribadi sendiri. Itu hak kalian.

3. Sebelum Share Cek Fakta dan Kebenaran Informasi

Cari lebih dahulu informasi yang lebih lengkap tentang info itu. Sehingga bisa membandingkan informasi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Hal yang lebih penting, sebelum bicara di media sosial kalian harus lebih dulu memahami fakta dan mengolah informasi tersebut. Salah salah kalian membagikan sebuah informasi hoak.

Bijaklah dalam share sebuah informasi di media sosia. Memang semua itu hanya di dunia online, tetapi online juga ada etikanya. Etika dan tatacara supaya tidak merugikan orang lain bahkan diri sendiri.

Komentar

URL Copied!