Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable Pada Smartphone

Edit
Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable Pada Smartphone

Baterai Non Removable dan Removable pada ponsel mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Sebenarnya dua jenis baterai ini tidak hanya digunakan pada ponsel, tapi juga di laptop dan netbook.

Baterai Non Removable adalah baterai yang ditanam di dalam ponsel yang tidak bisa lepas pasang dengan mudah, kalo mau melepas harus yang sudah ahli untuk melepaskannya atau datang ke service center terdekat untuk melepaskannya.

Sebaliknya baterai Removable. Baterai removable bisa dengan mudah kita buka dan pasang. Biasa kalian buka ketika mau mengganti kartu simcard.

Sekarang kita bahas lebih jauh kelebihan dan kekurangan jenis baterai Non Removable ini.

Kelebihan

1. Desain Ponsel Menjadi Lebih Tipis

Karena tidak bisa dibuka ataupun ditutup saat mengganti simcard ataupuan memori. Sehingga desain bisa ditekan lebih tipis. Hal ini dapat membuat lebih efisiensi ruangan di dalam ponsel itu sendiri.

Hasilnya desain akan lebih apik dan slim untuk di pegang. Kalian akan merasakan kemewahan yang di sediakan.

2. Ponsel Lebih Kokoh

Ketika pada suatu keadaan ponsel terjatuh. Ponsel tidak akan mengalami body, baterai, dan penutup baterai copot berceceran terbagi tiga.

Ini karena baterai Non Removable yang tidak bisa di lepas begitu saja. Sehingga membuat ponsel terasa lebih kokoh.

3. Daya Tahan Baterai 2 Kalilipat Lebih Panjang

Rata-rata ponsel yang menggunakan baterai Non Removable menggunakan bahan Lithium Polymer yang bisa di singkat Li-Po untuk mengejar kapasitas baterai yang lebih tinggi tapi dengan form factor lebih tipis dan kecil. Li-Po kebanyakan memiliki daya tahan battery cycle yang lebih panjang.

4. Baterai Anti Ngedrop

Li-Po terkenal anti ngedrop. Baterai bebas kalibrasi, dimana pengukuran kapasitas baterai yang ditunjukkan device di layar biasanya akan selalu akurat sama persis menujukan presentasi isi dari baterai di dalamnya.

5. Proses Charging Lebih Bebas

Misalnya, ketika kalian sedang menggunakan ponsel yang memiliki baterai Non Removable, daya baterai tersisa sekiar 60%. Kalian tidak harus menunggu sampai daya baterai 0% untuk Charging kembali.

Jadi, kapanpun dan dimanapan selama ada daya listrik terdekat tetap dapat langsung di charging saat itu juga. Tanpa harus memperhatikan presentasi baterai.

6. Melidungi Ponsel Jika di Curi

Ponsel yang menggunakan baterai Non Removable akan lebih aman ketika di curi. Yang pasti ponsel kalian akan tetap hidup karena baterai tidak bisa di lepaskan.

Sehingga kalian dapat melakukan antisipasi dengan cara melacak pomsel kalian jika di curi orang yang tidak bertanggung jawab.

Kekuranagn

1. Sulit Untuk Menganti Baterai Baru Sendiri

Non Removabel sangat sulit untuk di buka, kalian harus datang ke service center dulu untuk mengganti yang baru. Baterai yang di ganti juga harus sama persis dengan vendor smartphone yang kalian pakai. Jika di paksakan menggati sendiri, bisa fatal nantinya.

2. Sulit Mengatasi Jika Ponsel Terjatuh Ke Air

Jika ponsel terjatuh ke air, ini akan menyulitkan untuk mengeringkan dibagian dalamnya, karena ponsel dengan baterai non removabel sulit untuk dibuka.

Jika tetap di nyalakan saat itu juga mungkin akan terjadi konsleting. Tapi, rata rata ponsel yang menggunakan baterai Non Removable sudah di desain ati air ( water proof).

3. Tidak Bisa Menggunakan Baterai Cadangan

Sudah jelas kalo baterai Non Removable tidak bisa di goti ganti karena sulit untuk membukanya. Jadi kalian tidak bisa menganti senaknya baterai ponsel.

Kalian harus datang dulu ke tempat service center atau orang yang sudah berpengalaman untuk membuka dan mengganti baterai jenis Non Removable ini. Tapi, untuk mengatasinya, jika kalian ingin berpergian cukup dengan powerbank.

4. Sulit Mematikan Ketika Ponsel Hang

Ponsel dengan baterai Non Removable sulit untuk mematikan ketika terjadi hang. Tapi di beberapa ponsel bisa di restart dengan menekan dan tahan tombol power beberapa menit. Kalo menurut saya sih, ponsel yang menggunakan baterai Non Removable sudah di bekali RAM yang oke sehingga anti hang.

Semua jenis ponsel yang menggunakan baterai Non Removable ataupun removabel mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalian bisa cari cari mana yang cocok.

Komentar

URL Copied!