Cara Menghemat Baterai Pada Ponsel Android

Edit
Cara Menghemat Baterai Pada Ponsel Android

Para pengguna Ponsel android banyak yang mengeluh pada daya baterai yang cepat habis, ini dikarenakan kecanggihan ponsel android yang tinggi dan memerlukan daya konsumsi baterai yang juga tinggi sehingga cepat menguras baterai.

Ada beberapa cara untuk sedikit menghemat dan mudah di lakukan, masih ada yang menganggap cara ini tidak ada bedanya tetapi ada juga yang merasakan baterai android jadi lebih lama bertahan dalam keadaan standby, simak beberapa caranya :

1. Gunakan Walpaper Gelap ( Hitam )

Kebanyakan ponsel android sekarang menggunakan teknologi layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) layar berteknologi ini hanya akan menyalakan cahaya di layar yang berwarna cerah saja. Jadi jika kalian menggunakan walpaper gelap yang membutuhkan sedikit cahaya akan mengurangi daya baterai. Dengan ini ponsel android kalian akan bertahan standby lebih lama.

Cara ini sudah terbukti, ponsel android yang menggunakan layar AMOLED dapat menghemat daya baterai. Meskipun hanya beberapa persen yaitu sekitar 6% saja.

2. Atur Waktu Tidur Android Lebih Singkat

Atur batas waktu tidur android kalian sesingkat mungkin. Maksudnya adalah waktu ketika layar ponsel android menyala tanpa aktifitas, lalu layar akan padam. Dengan ini, daya baterai android kalian menjadi lebih berhemat.

Coba kalian bayangkan, jika batas waktu tidur ponsel android menyala di atur lebih lama, itu akan menghamburkan daya baterai ponsel android kalian tanpa ada manfaatnya. Kalian hanya ingin mengecek android hanya sebentar, tetapi nyala layar diatur lama. Lebih baik, demi menghemat daya baterai, aturlah waktu tidur layar lebih singkat agar daya baterai lebih tahan lama.

Caranya, masuk ke pengaturan, buka tampilan, set waktu tidur maksimal 1 menitan saja.

3. Atur Tingkat Kecerahan Layar Lebih Redup

Jangan gunakan Auto Brightness, memang sedikit membantu ketika kita membuka ponsel di saat cahaya ruangan cerah. Gunakan saja saat benar benar dibutuhkan.

jika ingin menghemat baterai matikan Auto Brightness dan atur tingkat kecerahan layar secara manual ke posisi paling redup. Sesuaikan dengan tingkat kecerahan ruangan. Ini adalah salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan daya baterai, karena layar merupakan salah satu penghisap daya baterai terbesar.

4. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data Jika Tidak Digunakan Lagi

GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data Internet akan terus menerus mencari sinyal ketika masih tetap di aktifkan mekipun sudah tidak digunakan dalam operasi ponsel kalian. Proses pencarian sinyal inilah yang akan menguras daya baterai ponsel kalian. Untuk itu, nyalakan semuanya jika memang sedang digunakan saja, agar konsumsi daya baterai yang di pakai tidak terlalu banyak.

Getar pada ponsel android berasal dari motor elektrik yang berada di dalam ponsel android kalian. Untuk bisa bergetar, pastinya akan membutuhkan daya baterai cukup banyak. Akhirnya baterai akan cepat habis.

Beberapa contoh getaran yang tidak begitu di pentingkan yaitu getar ketika membuka pola kunci, mengetik keyboard, tekan tahan tombol, notifikasi, panggilan masuk dan lain lain. Memang sih kelihatan mewah, tapi kalo tidak begitu di pentingkan lebih baik di nonaktifkan supaya daya baterai smartphone android kalian lebih bertahan lama.

6. Kurangi Pemasangan Widget

Sebenarnya Widget tidak begitu diperlukan. Widget justru akan membuat daya baterai akan terkuras cepat. Apalagi widget yang membutuhkan akses internet untuk terhubung seperti widget cuaca. Selain widget cuaca, widget lain yang menguras daya baterai yaitu seperti Twitter, reddit, Gmail dan sejenisnya yang selalu terus menerus tersinkronisasi dan memperbarui.

Lebih baik hilangkan widget widget tersebut. Widget selain menguras daya baterai juga membuat smartphone android menjadi lambat karena memenuhi kapasitas RAM. Yaa, gunakan beberapa widget yang penting penting saja.

Setiap beberapa waktu, akan ada pengecekan update aplikasi yang membutuhkan data internet. Setelah ada update-an aplikasi mau tidak mau juga harus terhubung dengan internet karena ketika ada aplikasi yang di update akan otomatis download dan instal. Pastinya dong akan memakan banyak daya baterai. Padahal kalian sedang dalam program penghematan daya baterai. Lebih baik, jika ingin menghemat daya baterai, nonaktifkan auto update aplikasi.

8. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Gunakan aplikasi penghemat baterai memang ampuh. Tetapi tidak di rekomendasikan untuk ponsel yang mempunyai kapasitas RAM kecil. Aplikasi dapat di cari di google playstore, di sana banyak bermacam macam jenis aplikasi penghemat daya baterai. Contohnya seperti Greenify atau yang lainnya. Di beberapa ponsel android sudah di sediakan aplikasi bawaan untuk digunakan yang berfungsi untuk menghemat daya baterai.

9. Nonaktifkan Auto-Sync akun

nonaktifkan auto-sync pada akun Google kalian. Tidak begitu di perlukan karena setiap akun Google akan diperbarui setiap 15 menit. Cara menonaktifkan yaitu masuk ke pengaturan, pilih akun Google dan mematikan auto-sync untuk Google akun yang tidak begitu perlu untuk terus di perbarui

Nonaktifkan auto-sync juga pada akun lain seperti kalender, email, facebook, twitter, dan lainnya. Perbaharui ketika lagi sedang menggunakan saja. Cara ini akan membuat daya baterai smartphone android kalian lebih tahan lama.

10. Gunakan Baterai Origional

Menggunakan baterai origional akan membuat smartphone android lebih tahan lama. Karena daya yang di berikan sesuai dengan kapasitas smartphone android kalian. Meskipun harganya lebih mahal itu lebih baik untuk ke tahanan smartphone android kalian.

Dengan cara tersebut akan membuat daya baterai smartphone android kalian lebih tahan lama dalam keadaat standby. Oke, Kalo masih ada beberapa pertanyaan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah.

Komentar

URL Copied!