Penyebab Ponsel Android Leled Lag Patah Patah

Edit
Penyebab Ponsel Android Leled Lag Patah Patah

Ponsel Android sudah banyak di gunakan, tidak hanya untuk berkomunikasi, dapat di gunakan untuk bekerja dan bermain game. Untuk mendapatkannya juga mudah, toko ponsel dimana mana, bahkan tanpa keluar rumah pun bisa mendapatkannya. Saat ponsel Android sering di pakai, dapat menyebabkan kinerjanya menjadi menurut.

Bila kinerja ponsel menurun, lag atau patah patah. Akan mempengaruhi saat ponsel di gunakan, main game dan pekerjaan yang di simpan di ponsel jadi terhambat.

Disini ada beberapa hal yang menyebabkan ponsel android kalian jadi lelet, lemot, lambat bahkan lag saat membuka aplikasi.

1. Memasang Widget Yang Berlebihan

Fungsi utama widget adalah untuk menampilkan shortcut aplikasi di home, tanpa menuju menu aplikasi utama terlebih dahulu atau menampilkan jam, cuaca, dan lain lainnya.

Sebenarnya hal tersebut tidak begitu di perlukan, cukup pasang widget beberapa saja yang benar benar di butuhkan atau lebih baik tidak memasang widget di home.

Perlu kalian ketahui, widget akan memakan banyak Ram android. Karena widget akan berjalan setiap saat dan memakan ram android tanpa di sadari.

Ketika kalian akan membuka satu aplikasi yang membutuhkan Ram, sedangkan sebagian Ram sudah di gunakan untuk widget. Alhasil saat membuka satu aplikasi tersebut membuat loading yang cukup lama dan lelet.

2. Menginstal dan Menggunakan Aplikasi Launcher Tambahan

Aplikasi Launcher digunakan untuk meng custom tampilan android kalian di home dan menu aplikasi sesuai dengan keinginan. Memang tampilan android akan menjadi wah dan tidak membosankan. Apakah kalian lebih memilih tampilan wah tetapi kinerja menjadi leled, lemot atau tampilan standar dengan kinerja cepat.

Lebih baik mementingkan kinerja cepat, tampilan standar juga tidak begitu membosankan. Kalian yang sudah terlanjur memakai Launcher tambahan lebih baik Uninstal saja. Meskipun tidak memakai launcher tambahan android kalian juga masih keren dan simple dengan tampilan standar dari asalnya.

3. Menginstal Aplikasi Sosial Media

Menginstal aplikasi sosial Media seperti Facebook, twitter l, whatsapp dan lain lainnya. Aplikasi tersebut akan banyak menyimpan file sampah secara otomatis di android yang akan mendesak kapasitas memori. Aplikasi ini juga akan berjalan di background android terus menerus juga akan mempersempit Rom android kalian.

Uninstal saja aplikasi aplikasi sosial media, kalo kalian pengin membuka bisa menggunakan browser internet biasa yang sudah ada di android kalian atau browser browser yang cukup ringan seperti UCBrowser, Opera Mini, Google Chrome, dan lain lainnya.

4. Menginstal Anti Virus dan Pembersih Cache

Android sudah di uji kebal terhadap virus. kita tidak usah menggunakan aplikasi anti virus lagi. Justru dengan menginstal aplikasi anti virus akan memperlambat android karena aplikasi ini akan memakan banyak Ram karena berjalan di background. Ketika aplikasi di uninstal data aplikasi di android akan otomatis ikut ke hapus jadi tidak usah menghapus ulang dengan aplikasi Pembersih Cache.

5. Terlalu Banyak Menyimpan File di Memori Internal Android (SdCard)

SdCard adalah memori bawaan android kalian, kapasitas setiap SdCard android berbeda beda. Lihat kapasitas maksimal memori ScCard di android kalian. jika sudah hampir penuh. Lebih baik hapus beberapa file yang tidak begitu penting seperti musik, video dan file samapah lainnya.

Cara lain yaitu dengan menambahkan Kartu Memori (extSdCard) di android kalian dengan ini kamu bisa memindahkan semua data ke Kartu Memori tersebut sehingga Memori bawaan Android (SdCard) jadi lebih lega.

6. Kapasitas RAM (Random Access Memory) Hampir Penuh

RAM digunakan untuk menyimpan data sementara ketika ponsel kalian sedang di nyalakan sehingga dapat mempercepat loading android saat di nyalakan.

RAM akan penuh jika lerlalu banyak melakukan aktivitas android secara bersama. seperti yang di bahas pada paragraf di bawah ini.

7. Log Panggilan dan Pesan Singkat Menumpuk

Hal sepele seperti ini yang sering diabaikan membuat kinerja android berkurang. Log Panggilan dan Pesan Singkat termasuk file sampah yang seharusnya di hapus setelah aktifitas tersebut selesai. Hal ini juga akan mempengaruhi RAM android kalian.

8. Menggunakan Font Tambahan

Dengan menginstal font dan menerapkannya akan menambah sejuk dan enak di lihat saat sedang chat ataupun membaca tulisan. Hal ini justru akan memberatkan android kalian.

Lebih baik Uninstal font tersebut dan gunakan fon defalut dari ponsel android kalian. sehingga tidak akan memeberankan kinerja.

9. Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Biasakan setelah membuka sebuah aplikasi dan mau mengahirinya jangan di tinggal begitu saja dengan menekan Home. mendadak. Malah sengaja membuka aplikasi lain (multitask screen).

Hal ini jelas tidak akan menutup aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut akan tetap berjalan di background android kalian. Akhiri aplikasi dengan cara melihat di aktifitas terahir (berbeda beda tempat sesuai dengan tipe android). Hapus background aplikasi yang baru di gunakan.

Itulah beberapa hal yang sangat mempengaruhi kecepatan performa android kalian. Sebisa mungkin hal tersebut dapat di hindari ketika sedang menggunakan android kalian supaya lebih tahan lama.

Komentar

URL Copied!