Cara Mengatasi Ponsel Android Lelet Lag Patah Patah

Edit
Cara Mengatasi Ponsel Android Lelet Lag Patah Patah

Ponsel Android, sudah menjadi seperti sahabat yang tidak pernah jauh dari tangan penggunanya. Semakin banyaknya penggunaan Ponsel android, para pembuat akan saling berlomba lomba untuk meningkatkan kecanggihan di setiap ponsel. Meskipun canggih, semua buatan manusia pasti tidak akan 100% sempurna.

Ada beberapa kekuarangan yang selalu meliputinya, semisalnya seperti kinerjanya yang kurang, Lemot, lelet, lambat dan bahkan lag yang terjadi di beberapa ponsel android ini.

Ada cara yang bisa menghindarkan dari masalah ini. Baca dan simak tips yang ada di bawah ini.

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Begitu Di Perlukan

Aplikasi yang kalian instal otomatis akan mengurangi kapasitas RAM dan membuat RAM penuh. Agar RAM lebih lega, kalian bisa uninstal beberapa aplikasi yang tidak begitu di perlukan. Dengan ini ponsel akan mengurangi beban kerja RAM. Ponsel android kalian jadi bisa di gunakan ke hal hal yang lebih penting.

2. Gunakan Launcher Bawaan Ponsel

Launcher bawaan ponsel sudah di desain seunik mungkin sehingga tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel itu sendiri. Jika kalian saat ini menggunakan launcher tambahan, sebaiknya uninstal sekarang juga.

Aplikasi Launcher membutuhkan RAM yang tidak sedikit, launcher akan selalu berjalan di background ponsel setiap waktu tanpa henti. Membuat loading saat membuka aplikasi lain jadi lebih lama, karena RAM sudah di gunakan beberapa oleh aplikasi launcher tersebut.

3. Nonaktifkan Live Walpaper di Home Screen

Live walpaper merupakan gambar bergerak, jika kita menyentuh layar akan ada efek efek tertentu. Hal ini dapat membebankan kapasitas RAM, juga dapat memboroskan daya baterai.

Kinerja ponsel android akan berkurang, loading akan lebih lama karena terganggu dengan proses yang sedang di lakukan oleh Live Walpaper.

4. Nonaktifkan Efek Animasi Ponsel Android

Beberapa efek animasi ini terjadi ketika buka tutup program, menu, jendela popup berupa Fade In, Fade Out atau efek matikan layar seperti tv. Sebernarnya hal ini tidak begitu di perlukan. Maka, untuk mempercepat ponsel android, kalian dapat menonaktifkan efek animasi ini.

Cara mematikan efek animasi, kalian buka pengaturan, masuk ke opsi developer, matikan skala animasinya. Maka, ponsel android kalian akan terasa lebih responsif.

5. Hilangkan Widget Tidak Penting Di Home Screen

Widget sebenarnya tidak begitu penting. justru karena widget android kalian jadi tambah lemot. Widget akan menggunakan RAM android sehingga kapasitas RAM akan berkurang dan mengganggu kinerja android.

Hapus widget yang terpasang di ponsel kalian, Maka, ponsel akan terasa lebih lega. Membuka aplikasi lain, terasa lebih cepat.

6. Tutup Aplikasi Yang sudah Tidak di Pakai

Setiap aplikasi yang berjalan di background di android tanpa di tutup. Aplikasi akan terus berjalan, maka membuat kapasitas RAM jadi penuh.

Jika kalian membuka aplikasi, sebaiknya setelah selesai menggunakan tutup kembali aplikasi dan bersihkan cache, caranya dengan menekan menu aplikasi baru baru saja di gunakan, hapus saja semua.

Maka jumlah RAM yang kosong akan meningkat, sehingga RAM yang tidak di gunakan tadi, akan di manfaatkan untuk membuka aplikasi baru. Ponsel android kalian akan lebih cepat memprosesnya.

7. Nonaktifkan Auto Rotate Bila Tidak Perlu

Auto Rotate digunakan untuk membuat layar otomatis berputar menyesuaikan posisi Android kalian. Auto Rotate dapat mengganggu kinerja ponsel android. Apalagi posisi android kalian sering berubah ubah posisi. Hal ini akan menyebabkan android kalian jadi lebih lambat.

8. Nonaktifkan Auto Brightness

Auto Brightness akan membuat layar otomatis menyesuaikan kecerahan. Ketika ponsel android berada pada keadaan cahaya redup, maka cahaya ponsel akan ikut meredup.

Cahaya di sekeliling kalian tidak menentu, kadang redup kadang terang. Sehingga ponsel android kalian akan bekerja keras menyesuaikannya. Maka akan membuat ponsel android jadi lambat. Selain itu, bahkan dapat membuat daya batrai akan cepat habis jika di sekelilingnya bercahaya terang.

9. Lakukan Reset Data Factory

Ini di lakukan jika semua cara gagal. Reset Data Factory akan menghapus data data di android kalian. memulihkan seperti ketika kalian membeli android sesuai dengan pabrik. Android akan menjadi lebih fresh. Lambat akan hilang.

10. Root HH Android

Dengan melakukan root kalian dapat memodifikasi tanpa batas untuk mempercepat kineja, dapat masuk ke system android sehingga dapat menghapus aplikasi system yang tidak begitu diperlukan. Setelah menghapus aplikasi system, kapasitas RAM akan meningkat. Tapi ingat, ada beberapa aplikasi yang tidak boleh di hapus.

Sebenarnya, cara ini tidak begitu di rekomendasi. Ketika kalian root, maka garansi akan hilang. tapi jika memang benar benar ingin di root, yaa silahkan saja.

11. Menggunakan Module Custom Tambahan

Setelah di Root, kalian dapat memasang module tambahan. Module dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan ponsel android kalian. Dengan menggunakan tambahan module, kamu akan mengurangi Lag lebih sedikit dari biasanya.

Banyak modul bertebaran di google, kalian dapat mencari mana yang bisa dan cocok di pasang di ponsel android.

Semua hal hal di atas, bisa membuat android kalian jadi lebih cepat dan lega. Silahkan di coba semoga berhasil. Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa untuk share ke teman teman kalian.

Komentar

URL Copied!